Minggu, 02 November 2014

Cinta itu Amanah

Setiap orang pasti mengenal cinta dan setiap juga pernah merasakan cinta. Tapi tidak semua orang bisa mengartikan cinta. Banyak mereka yang terjebak akan adanya cinta, mereka menganggap bahwa cinta adalah salah satu sarana untuk melampiaskan hawa nafsu mereka. Padahal sudah jelas-jelas di dalam kitab suci al-Quran tenttang larangan untuk menjauhi perbuatan zina:

Surat Al-Israa’ Ayat 32

وَلَا تَقْرَبُوا الزِّنَا إِنَّهُ كَانَ فَاحِشَةً وَسَاءَ سَبِيلًا
“Dan janganlah kalian mendekati zina; Sesungguhnya zina itu adalah suatu perbuatan yang keji. dan suatu jalan yang buruk.” (Al-Israa’: 32)

Dari surat Al-isra' tersebut sudah jelas bahwa perbuatan zina adalah perbuatan yang keji dan sangat di benci allah swt. Lalu apa cinta itu sebenarnya? dan bagaimana cinta yang benar dalam islam?

. Cinta (love) secara bahasa adalah suka sekali dan senang sekali. Cinta secara istilah ialah rasa kasih sayang yang muncul dari lubuk hati yang terdalam untuk rela berkorban, tanpa mengharap imbalan apapun, dan dari siapapun kecuali imbalan yang datang dan diridhoi Allah

.Allah berfirman: Katakanlah: “Jika bapa-bapa (para pembesar dan nenek moyang), anak-anak, saudara-saudara, isteri-isteri, kaum keluargamu, harta kekayaan yang kamu usahakan, perniagaan yang kamu khawatirkan kerugiannya, dan tempat tinggal yang kamu sukai, lebih kamu cintai daripada mencintai Allah dan Rasulnya, maka tunggulah sampai Allah mendatangkan keputusan (azab/siksaan)-Nya, dan Allah tidak memberi petunjuk kepada orang-orang yang fasik.( Al-Qur’an Surat At-Taubat, 9: 24).

Dari penjelasan di atas jelaslah bahwa kita wajib mencintai allah dan kita wajib mencintai karena allah swt.

Cinta juga bisa di katakan sebagai sebuah amanah, karena cinta juga akan di mintai pertanngung jawabannya nanti. Seberapa besar cinta kita kepada allah, rasul, orang tua, keluarga dan mahram kita nanti.

Cinta sangat berat bagi pemuda yang lemah imannya, maka ia akan terjerumus kedalam alunan cinta tanpa menyadari siapa yang selayak ddan sepantasnya ia cintai. Cinta seorang pemuda kepada lawan jenisnya akan menjadi pahala baginya apabila ia mampu mengendalikan nafsunya dan lebih memilih untuk menjaga cintanya daripada menggikuti hawa nafsunya. Akan tetapi cinta juga bisa menjadi bencana baginya apabila ia jjustru terjerumuus kedalam lembah hitam cinta.

Jika kita ingin mendapatkan kebaikan-kebaikan dari cinta ini maka jagalah amanah yang di berikan allah ini sebaik-baik mungkin. karena Allah sangat menyukai orang orang yang menjaga amanah.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar